Ketahui 5 Keutamaan Shalat Fardhu yang Dikerjakan di Awal Waktu

Shalat merupakan tiang agama islam. "Asholatu 'imaaduddin" begitulah bunyi haditsnya. Kenapa sholat menjadi tiang agama? Karena nilai ibadah sholat be

Pada pembahasan kali ini, penulis akan menerangkan tentang keutamaan shalat jika dikerjakan di awal waktu. Yuk disimak!! 

Shalat merupakan tiang agama islam. "Assholaatu 'imaaduddiin"  (Sholat adalah tiangnya agama), begitulah bunyi haditsnya. Kenapa sholat menjadi tiang agama? Karena nilai ibadah sholat berbeda dengan nilai ibadah lainnya, dan ibadah sholat menjadi induk barometer ibadah lainnya. Jika kita sering melakukan ibadah puasa baik yang wajib maupun yang sunnah, tapi tidak melaksanakan ibadah shalat, maka nilai ibadah puasanya adalah nol (sia-sia), begitupun ketika kita sering berinfak atau shodaqoh, jika tidak dibarengi (tidak shalat) juga nilai pahala infak dan shodaqohnya juga nol dan tidak akan ada nilainya disisi Allah. 

Kok bisa begitu? Ya karena pahala ibadah lain akan bernilai jika melaksanakan ibadah shalat. Ibadah shalat mempunyai nilai tersendiri dibanding dengan nilai ibadah-ibadah lainnya. Kita ilustrasikan ibadah shalat nilainya 1 (satu), sedangkan ibadah lainnya nilainya nol (jika tidak melaksanakan shalat). 

Contohnya saja, jika kita berpuasa maka nilai ibadah puasa kita masih nol, tapi jika kita berpuasa dan juga melaksanakan shalat maka nilai nol tadi akan berubah menjadi 10 (1+0=10) , akan berubah lagi jika kita melakukan ibadah haji menjadi 100 (seratus), begitu seterusnya. Intinya ibadah-ibadah kita akan terus bertambah lagi nilainya, bahkan sampai berkali-kali lipat dengan syarat ibadah lainnya itu dibarengi dengan ibadah shalat. 

Apalagi jika ibadah shalat itu dikerjakan di awal waktu, maka sudah pasti nilainya juga akan berbeda. Karena apa? Karena hamba itu lebih mementingkan ibadah shalat dibandingkan dengan pekerjaan-pekerjaannya. Jika sudah tiba waktunya shalat maka ia akan bersegera berhenti dari rutinitas hariannya, lebih mendahulukan memenuhi haknya Allah daripada sekedar berbasa basi (ngobrol) dengan temannya, relasinya, atau bosnya sekalipun. Maka hamba seperti ini akan lebih didengar doanya oleh Allah SWT, dari pada hamba yang sering mengakhirkan waktu shalatnya. Ia (Allah) akan lebih mendengar setiap keluh kesahnya, penderitaannya, kesumpekan hidupnya dan pada akhirnya hamba itu akan diangkat derajatnya, dihilangkan keluh kesah dan penderitaannya, dibanyakkan hartanya, tentram rumah tangganya dan lain sebagainya. 

Seperti yang sudah maklum, shalat wajib itu ada lima, yaitu shalat dhuhur, ashar, magrib, isya dan subuh. Shalat bagi seorang muslim bukan saja sebagai suatu kewajiban yang harus dilaksanakan, tetapi juga merupakan suatu kebutuhan. Artinya jangan sampai kita melaksanakan shalat hanya sebatas menggugurkan kewajibannya saja, akan tetapi harus dijadikan kebutuhan primer yang harus sesegera mungkin kita penuhi. 

Nah, jika sudah menjadi suatu kebutuhan maka kita tidak akan bersantai-santai jika sudah masuk waktunya shalat. Kita ibaratkan shalat itu sebagai obat, ketika seseorang mempunyai keluhan (penyakit), dan tiba pada fase penyakitnya kambuh, maka pasti seseorang itu akan segera mencari obat untuk mengobati keluhannya. Begitu juga dengan shalat, jika sudah tiba waktunya, maka seorang muslim akan sesegera mungkin menunaikannya, untuk memenuhi kebutuhannya. 

Keutamaan Shalat di Awal Waktu

Seorang muslim yang mengerjakan shalat di awal waktunya, akan Allah berikan lima keutamaan, yaitu :

1. Orang itu akan dicintai oleh Allah dan para makhluknya

Ini merupakan perkara yang unik sekali. Kenapa demikian? Karena dengan menyegerakan shalat di awal waktu, secara otomatis berarti ia lebih mementingkan perintah Allah SWT, lebih mendahulukan kewajiban shalatnya dari pada pekerjaannya. Maka, ketika orang itu bersegera melaksanakan shalat diawal waktu, imbalannya ia akan dicintai oleh Allah. Jika Allah sudah cinta pada hambanya karena rahmatnya, maka Allah akan menggerakkan hati semua makhluk untuk mencintainya. 

2. Akan mendapatkan balasan syurga

Siapa yang tidak ingin masuk syurga, semua orang muslim pasti berkeinginan kuat masuk syurga. Syurga adalah balasan bagi orang-orang yang mengerjakan amal kebaikan. Nah, orang yang melakukan shalat di awal waktu akan mendapatkan balasan syurganya Allah SWT. Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh shahabat Abu Daud yang diterima dari Abu Qatadhah bin Rib'ie, bahwa Rasulullah SAW bersabda : "Allah SWT berfirman" : 'Aku telah mewajibkan ummatmu wahai Muhammad shalat lima waktu, dan Aku berjanji, barang siapa yang mendirikan waktu-waktu shalat, maka pasti Aku masukkan ia ke dalam syurga. Dan barang siapa yang tidak mendirikannya (waktu-waktu shalat), maka ia tidak akan mendapatkan apa yang Aku janjikan'. 

3. Allah akan mengampuni semua dosanya

Keutamaan yang ketiga jika seorang muslim mengerjakan shalat di awal waktu adalah dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah SWT. Kenapa demikian? Karena ia telah memprioritaskan Allah SWT diatas segalanya. Ia rela memparkir sebagian waktunya untuk beribadah shalat tepat pada waktunya, rela meninggalkan pekerjaannya demi menghadap pada tuhannya. Maka dengan sifat rahman-rahimNya, Allah menghapus kesalahannya, menggugurkan segala dosanya. Ia berprinsip pekerjaan di dunia dapat dikejar (dikerjakan dilain waktu), namun waktu shalat yang terlewati jelas tidak akan didapatkan kembali. 

4. Akan memperoleh pahala kebaikan yang amat besar

Saudaraku kaum muslimin muslimat, Jika kita kalkulasikan dengan hitungan matematika, berapa lama sih shalat lima waktu yang biasa dikerjakan sehari-semalam itu? Jika setiap shalat wajib itu dikerjakan minimalnya 7 menit maka jumlah keseluruhan waktu shalat adalah 35 menit. Toh tidak sampai menghabiskan waktu se-jam-an kan? Tapi, kenapa begitu berat untuk dikerjakan?. Bandingkan dengan melakukan aktifitas lainnya, seperti nonton televisi, main handphone, atau ngerumpi dengan tetangga berapa jam kira-kira waktu yang dihabiskan?. 

Nah, orang yang melaksanakan shalat di awal waktu pada dasarnya adalah membuang ego dirinya, menahan gejolak hawa nafsunya, kebalikannya ia lebih menomorsatukan tuhannya. Oleh karena itu, ia akan diberikan pahala kebaikan yang amat besar yang tidak terkira nilainya. Untuk itu jangan sampai kita menyia-nyiakan kesempatan shalat awal waktu, jangan sampai kalah dengan pekerjaan-pekerjaan duniawi kita, karena pekerjaan itu masih bisa dikerjakan dilain waktu dan kesempatan. 

5. Akan memperoleh 9 (sembilan) macam kemuliaan

Masya Allah!!! ini yang diidam-idamkan oleh setiap orang muslim yang selalu mengerjakan shalat tepat pada waktunya. Allah SWT akan memberikan kepadanya kenikmatan berupa sembilan macam kemuliaan, yaitu :

  1. Allah akan mencintainya. 
  2. Badannya akan selalu diberi kesehatan dan dijauhkan dari berbagai macam penyakit. 
  3. Akan selalu dijaga oleh para malaikat Allah dimana pun ia berada. 
  4. Rumah dan keluarganya akan selalu diberkahi oleh Allah. 
  5. Wajahnya selalu bercahaya dan menampakkan jati diri seorang muslim yang sholeh. 
  6. Hatinya akan dilembutkan oleh Allah SWT. 
  7. Akan dipermudah saat menyeberangi jembatan shirot seperti halnya kilat menyambar. 
  8. Akan diselamatkan dari panasnya api neraka. 
  9. Akan dimasukkan kedalam syurga. 

Demikian uraian singkat tentang lima keutamaan shalat yang dikerjakan di awal waktu, semoga bermanfaat. 

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.