Mengenal Keutamaan, Fadhilah dan Faedah Shalawat Jibril

Siapa yang tidak kenal dengan shalawat jibril, shalawat ini sangat terkenal dikalangan ummat islam. Shalawat jibril merupakan shalawat yang bacaannya

Siapa yang tidak kenal dengan shalawat jibril, shalawat ini sangat terkenal dikalangan ummat islam. Shalawat jibril merupakan shalawat yang bacaannya terpendek diantara macam shigot shalawat nabi. Meskipun bacaannya pendek, jangan disepelekan tentang keutamaan dan fadhilah dan faedahnya yang sangat luar biasa. shalawat jibril terkenal akan keampuhannya dalam menarik rezeki dari segala penjuru. 

Shalawat jibril banyak diamalkan oleh para ulama shalaf dan ulama kholaf dalam mencari jalan keberkahan dalam menjalani hidup dan menarik rezeki. Shalawat jibril sendiri banyak sekali penamaannya antara  lain: shalawat jabroil, shalawat khidir, shalawat baburrohmah, shalawat qhosor yang dalam penamaannya mengandung arti masing-masing. 

Dinamakan shalawat jibril karena yang pertama kali mengucapkannya adalah malaikat jibril sewaktu memberikan pengajaran kepada Nabi Adam AS. 

Dinamakan shalawat jabroil karena shalawat ini dianggap sebagai penarik rezeki paling kuat diantara bacaan shalawat yang lainnya. 

Dinamakan shalawat khidir karena yang ada hadits menguraikan riwayat dari nabi khidir AS. 

Dinamakan shalawat qhosor karena ia merupakan shalawat terpendek diantara berbagai macam shigot shalawat. 

Dinamakan shalawat baburrohmah karena siapa yang mengamalkannya ia akan dibukakan 70 pintu rahmat, ada juga hadits yang mengatakan siapa yang membacanya maka ia (shalawat jibril) bisa menumbuhkan rasa kasih sayang diantara semua manusia. 

Dikisahkan bahwa ketika Siti Hawa telah diciptakan oleh Allah dari salah satu tulang rusuk Nabi Adam AS, ia dilarang oleh Allah SWT untuk mendekati Siti Hawa sebelum memberikan maharnya, dan maharnya itu adalah dengan membaca shalawat dengan lafadz (Sholollohu 'Ala Muhammad) yang dituntun bacaannya oleh malaikat jibril AS. Karena riwayat inilah maka shalawat ini dinamakan shalawat jibril. 

Bacaan Shalawat Jibril dan Artinya

صل ﷲ علی محمد

SHOLOLLOHU 'ALA MUHAMMAD

Artinya: Semoga kesejahteraan selalu terlimpah ruah dari Allah atas Nabi Muhammad. 

Kalam Ulama Tentang Shalawat Jibril

Imam As-Sya'roni berkata di dalam kitab Thobaqotul Kubro: "Barang siapa yang membaca shalawat ini (shalawat jibril), maka sungguh ia telah membuka 70 pintu rahmat baginya dan Allah akan menjadikan hati setiap manusia suka kepadanya". 

KH. Cholil Bisri dalam bukunya Kumpulan Ijazah Shalawat mengatakan: "Shalawat jibril biasa dipakai wiridan rutin setiap hari oleh para kiyai kuno sebanyak 1000 kali untuk memperoleh keberkahan dalam menjalani setiap usaha. Bilangan 1000 kali ini bisa diwirid sekaligus atau bisa dicicil sehabis shalat fardhu masing-masing sebanyak 200 kali. 

Syekh Kholil bin Kiyai Abdul Lathif Bangkalan mengatakan bahwa shalawat ini disebut juga shalawat Gembolan, karena bisa dibawa kemana-mana dan diamalkan dimana saja. 

Keutamaan dan Faedah Shalawat Jibril

Berikut ini adalah keutamaan dan faedah shalawat jibril secara umum :

  1. Akan dicintai oleh segenap manusia, bahkan jika ada orang yang sangat tidak suka, maka suatu saat orang itu akan berbalik suka dan sayang. 
  2. Akan diberikan rezeki yang melimpah ruah dan tanpa usaha yang berat-berat, dan mendapatkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. 
  3. Jika dibaca setiap hari secara istiqomah sebanyak 1000 kali, maka menjelang wafat akan diperlihatkan syurga untuknya. 
  4. Akan dimudahkan keluarnya roh dari badan. 
  5. Jasad dan rohnya tidak akan tersentuh api neraka. 
  6. Jasadnya akan utuh (tidak hancur) di dalam kubur. 
  7. Akan memiliki banyak pengikut dan jamaah. 
  8. Allah SWT Akan selalu memberikan keselamatan dan perlindungan kepadanya.
  9. Akan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan akan mendapatkan syafaat  dari Rasulullah SAW. 
  10. Akan dibukakan pintu rahmat untuknya. 

Demikian penjelasan singkat tentang keutamaan dan faedah shalawat jibril, mari jadikan shalawat ini sebagai wiridan kita sehari-hari agar kita mendapatkan syafaat nabi Muhammad SAW. 

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.