Keagungan dan Keutamaan Shalawat Nariyah, Kunci Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat

Salah satu shigot shalawat yang paling terkenal dan mustajab dikalangan ummat islam adalah shalawat nariyah. Ada beberapa perbedaan pandangan atau pen

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang keutamaan shalawat Nariyah setelah sebelumnya penulis telah membahas juga tentang keistimewaan shalawat maal (shalawat harta) untuk meraih kekayaan. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa amalan shalawat adalah amalan yang paling cepat dalam mencapai suatu hajat seorang hamba muslim, dan menurut penuturan Abah Guru Sekumpul: "Shalawat adalah jalan yang paling cepat menuju hadhroh Allah SWT, melalui pintu Rasulullah SAW". Kurang lebih seperti itulah penuturan beliau Abah Guru Sekumpul Martapura. 

Salah satu shigot shalawat yang paling terkenal dan mustajab dikalangan ummat islam adalah shalawat nariyah. Ada beberapa perbedaan pandangan atau pendapat  tentang siapa yang mengarang shalawat nariyah ini. Di satu pendapat ia (shalawat nariyah) merupakan buah karya dari Syekh Ibrahim At-Tazi, pendapat lain mengatakan Syekh Ahmad At-Tazi, dan pendapat terakhir shalawat nariyah merupakan karangan dari Syekh Abdul Wahhab At-Tazi. 

Terlepas dari siapa yang mengarangnya, shalawat nariyah banyak sekali yang mengamalkannya dikalangan ummat islam. ini tidak terlepas dari keistimewaan dan faedah yang tak terhingga di dalamnya. Shalawat nariyah merupakan kunci gudang yang mumpuni, begitulah pendapat ahli yang tahu akan rahasia alam semesta. 

Dengan mengamalkan shalawat, terutama shalawat nariyah sebenarnya kita meminta kepada Allah SWT melalui nabi sebagai perantaranya. Hal ini senada dengan sabda Nabi sebagai berikut :

Siapa saja yang membaca shalawat kepadaku 100 kali sehari, maka akan Allah akan menunaikan 100 macam hajatnya, 70  hajat di akhirat dan 30 hajat di dunia. 

Dan sabdanya lagi dalam suatu hadits : "Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku, karena ia (shalawat) itu dapat memecahkan berbagai masalah dan menghilangkan bermacam-macam kesedihan". 

Bacaan Shalawat Nariyah dan terjemahannnya

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allohumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taamman 'alaa sayyidinaa muhammadin alladzii tanhallu bihil uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdho bihil hawaaiju wa tunaalu bihir roghooibu wa khusnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihi wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'lumin laka. 

Artinya :

"Yaa Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami yaitu baginda Nabi Muhammad, yang sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, segala macam buhul dilepaskan, ditunaikan segala hajat, dan tercapai segala rupa keinginan, dan akhir yang khusnul khotimah, di curahkan air hujan (rahmat) dengan sebab pribadinya yang mulia, dan semoga rahmat dan salam yang kamil dan sempurna itu tercurahkan juga kepada keluarganya dan para sahabatnya di setiap detik (kedipan mata) dan hembusan nafas sebanyak bilangan yang diketahui olehMu. 

Dalam shalawat nariyah ini terdapat enam permintaan seorang hamba kepada Allah SWT melalui Rasulullah SAW sebagai perantaranya yaitu : 

  1. Harapan semua kesulitan dapat terpecahkan
  2. Harapan semua ikatan (kesedihan, kesumpekan hidup, masalah ekonomi dan lainnya) dapat terlepaskan
  3. Harapan semua keinginan tercapai
  4. Harapan semua hajat terpenuhi
  5. Mati dalam keadaan khusnul khotimah
  6. Harapan rahmatnya Allah selalu tercurahkan kepada hambaNya, dengan sebab berkahnya Rasulullah SAW. 

Faedah dan keutamaan Shalawat Nariyah

1. Imam Ad-Daenuri berkomentar tentang keistimewaan shalawat nariyah : "Barang siapa yang membaca shalawat nariyah sehabis shalat fardhu 11 kali dan dijadikan sebagai wiridan, maka seakan-akan rezekinya tidak pernah putus, dan akan mendapatkan pangkat dan kedudukan tinggi serta menjadi kaya raya. 

2. Syekh Muhammad At-Tunisi mengomentari tentang shalawat nariyah : 

  • Apabila dibaca sebanyak 11 kali, maka Allah akan memudahkan urusannya, rezekinya semakin deras, Allah akan mengangkat derajatnya di tengah-tengah masyarakatnya, dan akan di selamatkan dari semua bala bencana dan musibah. 
  • Apabila dibaca sebanyak 31 kali setelah shalat shubuh, maka Allah akan memudahkan segala macam urusannya dalam setiap urusannya. 
  • Jika dibaca sebanyak 90 kali setiap hari, maka Allah akan menghilangkan kesedihannya, dimudahkan rezekinya, dijauhkan dari segala macam penyakit, baik penyakit rohani maupun fisik, dibukankan semua pintu kebaikan sehingga semua manusia akan menaruh rasa hormat dan sayang kepadanya. 
  • Jika dibaca sebanyak bilangan bilangan para Rasul yaitu sebanyak 313 kali dalam satu majlis (baik itu dikerjakan sendiri maupun berjamaah), maka Allah akan mengabulkan hajatnya yang besar dan dijauhkan dari segala macam mara bahaya yang besar,  dan ia akan menjadi ahli kasyaf (Bisa melihat apapun yang ia inginkan). 
  • Jika mempunyai hajat maka bacalah sebanyak 100 kali setiap hari dalam satu kali duduk, maka hajatnya akan tercapai melebihi apa yang ia angankan. 
  • Jika mempunyai hajat yang sangat besar dan mendesak atau segala keinginannya agar cepat tercapai, maka bacalah shalawat nariyah sebanyak 4444 kali, kemudian berdoa mohon dikabulkan hajatnya, maka insya Allah cepat berhasil.
  • Jika kehilangan barang berharga, maka bacalah shalawat nariyah sebanyak 4444 kali, kemudian berdoa agar barangnya cepat kembali, maka ia akan menemukan barangnya kembali. 
Demikian uraian singkat tentang "Keagungan dan Keutamaan Shalawat Nariyah, Kunci Meraih Kesuksesan Dunia dan Akhirat". Semoga bermanfaat. 

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.