Keutamaan, Faedah Serta Fadhilah Membaca Shalawat Fatih

Salah satu bentuk atau shigot shalawat yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah shalawat fatih. Fadhilah khasiat dan keutamaan shalawat ini tel

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang aneka ragam asror shalawat fatih. Shalawat ini biasa diamalkan oleh penulis sehabis shalat fardhu atau di waktu senggang lainnya. 

Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah suatu keharusan bagi seorang salik dalam menempuh jalan spiritualnya. baik membacanya pada siang maupun malam hari. Shalawat akan menjadi penolongnya dalam menekuni jalan spiritualnya agar bisa sedekat mungkin dengan Allah dan RasulNya dibandingkan dengan berbagai macam dzikir lainnya. 

Dalam tarekat Tijaniyah dzikir Shalawat fatih adalah dzikir yang wajib dibaca ketika pelaksanaan dzikir wadhifah yang dibaca sebanyak 50 kali, dan tidak bisa diganti dengan shalawat lainnya. Berbeda dengan dzikir lazimah yang pembacaan shalawatnya bisa diganti dengan shalawat lain, namun yang paling afdhol adalah dengan membaca shalawat fatih. Dzikir shalawat ini dibaca sebanyak 100 kali baik lazimah pagi maupun sore hari. 

Salah satu bentuk atau shigot shalawat yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah shalawat fatih. Fadhilah  khasiat dan keutamaan shalawat ini telah banyak diriwayatkan oleh para ulama, diantaranya adalah satu kali membaca shalawat fatih setara dengan 600 ribu kali membaca shalawat lainnya. Subhanallah... begitu ajibnya rahasia shalawat fatih ini. 

Bacaan Shalawat Fatih

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠـَـﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧﺎَ ﻣُـﺤَﻤَّﺪٍ ﻥِ ﺍْﻟﻔﺎَﺗِﺢِ ﻟِـﻤَـﺎ ﺍُﻏْﻠِﻖَ ﻭَﺍﻟْـﺨَـﺎﺗِـﻢِ ِﻟـﻤَﺎ ﺳَﺒَﻖَ ﻧﺎَﺻِﺮِﺍْﻟـﺤَﻖِّ ﺑِﺎْﻟـﺤَﻖِّ ﻭَﺍْﻟـﻬَﺎﺩِﻱْ ﺍِﻟـَﻰ ﺻِﺮَﺍﻃِﻚَ ﺍْﻟـﻤُﺴْﺘَﻘِﻴْﻢِ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺃَﻟِﻪِ ﺣَﻖَّ ﻗَﺪْﺭِﻩِ ﻭَﻣِﻘْﺪَﺍﺭِﻩِ ﺍْﻟﻌَﻈِﻴْﻢِ

Allohumma sholli 'alaa sayyidinaa muhammadinil faatihi limaa ughliqo wal khootimi limaa sabaqo nashiril haqqi bil haqqi wal hadii ilaa shiroothikal mustaqiimi wa 'alaa alihii haqqo qodrihii wa miqdarihil 'adhiimi

Shalawat Fatih Adalah Sayyidus Shalawat

Kata sayyidun mengandung arti raja, tuan, pangkal, teratas. Jadi shalawat fatih adalah rajanya shalawat. Ungkapan ini bukanlah perkara yang berlebihan, mengingat keutamaan dan faedahnya yang sangat luar biasa. Bukan itu saja shalawat fatih adalah shalawat yang paling disukai oleh Rasulullah SAW dan menjadi mahkota kebesaran beliau SAW. Kenapa demikian? Karena di dalamnya terkandung pujian berupa pangkat dan keagungan yang tidak disandang oleh para nabi dan para rasul lainnya, yaitu al-fatihi limaa ughliqo (pembuka dari segala yang tertutup dan gudang pembendaharaan rahmat Allah SWT dari sejak zaman azali sampai akhir) dan al-Khotimi limaa sabaqo (Penutup dari seada-adanya perkara yang terdahulu). 

Selain itu shalawat fatih ialah shalawat yang tidak memakai kalimat wa sallim, karena ia (shalawat fatih) bersumber dari Allah SWT bukan susunan (karangan) yang dibuat oleh manusia. 

Amalan yang Dirahasiakan Rasulullah Dari Para Sahabat

Shalawat fatih adalah suatu amalan dzikir yang dirahasiakan oleh Rasulullah SAW kepada para shahabatnya, jikalau Rasulullah memberitahu mereka pada masa itu niscaya mereka akan berlomba-lomba untuk mengamalkannya karena fadhilah pahalanya yang begitu besar dan akan  melupakan amalan-amalan yang lainnya. 

Syekh Ahmad bin Muhammad At-Tijani berkata : "Shalawat fatih adalah 'Kalamu-ddatz al-qudsiyah' atau 'kalam Allah yang suci' artinya kalam yang berasal dari Allah SWT bukan karangan manusia, wali Allah atau seorang ulama. 

Rahasia, Khasiat dan Keutamaan Shalawat Fatih

Jika kita memahami tentang hakikat nabi Muhammad SAW, maka tidak akan henti-hentinya kita bersholawat dengan shalawat fatih. Apa hakikatnya? silahkan disimak supaya tidak gagal faham. 

1. Nabi Muhammad adalah al-fatihi lima ughliqo artinya pembuka dari segala yang tertutup dan gudang pembendaharaan rahmat Allah SWT dari sejak zaman azali sampai akhir

2. Nabi Muhammad adalah al-khotimi lima sabaqo artinya Penutup dari seada-adanya perkara yang terdahulu

3. Nabi Muhammad adalah nashiril haqqi bil haqqi 

4. Nabi Muhammad adalah al-hadii ilaa shiroothikal mustaqiimi 

Mengenai keutamaan shalawat fatih Syekh Ahmad bin Muhammad At-Tijani berkata : "Ketahuilah, bahwasanya dosa-dosa yang terjadi pada zaman ini sangat sulit untuk dihindari, bagaikan tetesan air hujan yang mengguyur bumi. Oleh karena itu, perbanyaklah melakukan sesuatu yang bisa menghapus dosa-dosa tersebut, yaitu dengan memperbanyak membaca shalawat fatih, karena shalawat fatih bisa menghapus dosa-dosa tanpa meninggalkan bekas sedikit pun". 

Berikut adalah khasiat dan keistimewaan shalawat fatih yang bisa penulis tuliskan secara garis besarnya, sebagai berikut :

  1. Membaca shalawat fatih 1 x dijamin akan bahagia dunia dan akhirat, dijamin tidak akan masuk neraka, dapat menghapus semua dosa, dapat menyamai pahala membaca shalawat yang dibaca oleh seluruh makhluk alam semesta ini 600.000 x lipat, dan akan meninggal dunia dengan membawa iman (khusnul khotimah). 
  2. Membaca shalawat fatih sebanyak 10 x dimalam jum'at lebih besar pahalanya dibanding dengan pahala ibadah seorang mu'min (wali) yang tidak membaca shalawat fatih selama satu juta tahun.
  3. Pahala shalawat fatih dapat mengganti dan menutup kesalahan atau perkara yang buruk (pernah berbuat dhalim, aniaya, mengambil hak orang lain dan lain-lain),  sehingga ia dapat mengganti tuntutannya nanti di hari kiamat. 
  4. Membaca shalawat fatih sebanyak 100 x di malam juma'at, akan menghapus dosa (baik dosa besar maupun dosa kecil) 400 tahun. 
  5. Orang yang mengamalkan shalawat fatih akan mendapatkan perhatian yang khusus baik di dunia maupun di alam barzakh dan akan mendapatkan syafaat nabi Muhammad SAW di yaumil hisab kelak, serta akan dikumpulkan bersama beliau SAW di syurga nanti. 
  6. Membaca shalawat fatih sebanyak 7 x sehabis shalat maghrib dan shubuh, maka akan terhindar dari gangguan jin dan yang akan berbuat lalim. 
  7. Untuk mengobati anak yang nakal agar berhenti nakalnya dan menjadi penurut kepada orang tuanya bacalah shalawat ini sebanyak 100 x lalu tiupkan pada air di gelas, kemudian suruh anak itu untuk meminumnya, maka dengan keberkahan shalawat fatih insya Allah anak itu akan cepat sadar dari kenakalannya. 
  8. Bila ada seorang anak atau murid yang susah sekali untuk menangkap pelajaran,  maka suruhlah anak itu untuk membaca shalawat fatih sebanyak 11 x setelah shalat fardhu dan baca 3 x sebelum memulai pelajaran, insya Allah anak itu akan cepat menangkap pelajaran dan otaknya menjadi cerdas. 
  9. Barang siapa yang membaca shalawat fatih secara terus menerus (tanpa hitungan) selama 40 hari berturut-turut, maka Allah akan menerima taubatnya dan menghapus semua dosanya. 
  10. Barang siapa yang membaca shalawat fatih pada malam senin atau malam kamis atau malam jum'at sebanyak 1000 x, maka insya Allah akan bertemu dengan Rasulullah SAW. 
  11. Shalawat fatih sangat cocok sekali di amalkan oleh seorang mubtadi,  mutawassith, dan muntahi bagi orang yang sedang melaksanakan suluk (jalan menuju Allah SWT), sebaiknya shalawat fatih dibaca sebanyak 100 x pada siang dan malam hari. 
  12. Agar semua kesulitan hidup segera teratasi seperti bisa segera membayar hutang, bisa segera mempunyai rumah, mengatasi masalah yang ruwet dan pelik agar segera mendapatkan solusinya, dan agar dilancarkan rezeki dan usahanya, maka untuk meraih apa yang dimaksud sebaiknya membaca shalawat fatih sebanyak 100 x secara istiqomah selama 40 hari. Lebih cepat lagi jika dikerjakan pada malam hari setelah menunaikan shalat hajat 2 rakaat. 
  13. Jika shalawat fatih dibaca sebanyak 21 x setelah shalat shubuh, maka Allah akan meluaskan rezekinya, sabar hatinya, terhindar dari mushibah,bala dan bencana, serta selamat dirinya dan keluarganya. 
  14. Membaca shalawat fatih di malam hari akan dilipatgandakan pahalanya sebanyak 500 x lipat dari pada membacanya di siang hari. 

Demikian artikel singkat mengenai keutamaan dan faedah shalawat fatih. Bersegeralah mengamalkan shalawat fatih agar hidup kita aman, damai dan sentosa. Amien ya robbal alamien. 

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.