Mengenal Lebih Dekat Terapi Pengobatan Bekam dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Bekam merupakan salah satu pengobatan tradisional dibidang kesehatan yang cukup terkenal di Indonesia. Pengobatan tradisional ini berasal dari (China)

Bekam merupakan salah satu pengobatan tradisional dibidang kesehatan yang cukup terkenal di Indonesia. Pengobatan tradisional ini berasal dari (China) dan Timur Tengah, namun sudah ada sejak ribuan tahun lalu dengan peralatan yang berbeda setiap zamannya dan kini penggunaannya sudah menyebar luas di berbagai negara di dunia. Bekam adalah terapi tradisional yang pengobatannya diklaim dapat menjaga kesehatan dengan cara mengeluarkan toksin (racun) dari dalam tubuh. 

Apa Itu Terapi Pengobatan Bekam

Bekam adalah sebuah terapi tradisional dengan menggunakan kop (cangkir) dan - ada pula yang menggunakan gelas dan tanduk hewan - khusus yang dapat menghasilkan tekanan sehingga dapat menarik kulit tubuh dan jika ditusuk dengan jarum bekam akan mengeluarkan darah kotor atau racun dari dalam tubuh. 

Kop (cangkir) tersebut akan ditempatkan pada bagian-bagian tubuh tertentu, dan biasanya diletakkan pada bagian tubuh yang sering merasakan sakit, misalkan pada lengan, kepala, leher, bokong, punggung, perut, atau kaki. Meski pengobatan bekam ini sudah dipraktikkan sejak ribuan tahun yang lalu dan dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan, bekam masih menjadi pilihan terapi pengobatan alternatif hingga sekarang.

Lalu apa saja manfaat terapi pengobatan bekam bagi kesehatan tubuh adalah? silahkan Anda simak secara seksama penjelasan dibawah ini :

1. Meningkatkan Aliran Darah ke Kulit

Terapi bekam yang dikenal sebagai terapi pengobatan alternatif yang mampu meningkatkan pelancaran aliran darah. Terapi bekam mampu melancarkan aliran pembuluh darah, dapat mengurangi berbagai peradangan, serta melonggarkan jaringan otot dan syaraf yang kaku di bawah area bekam. Ketika aliran darah di dalam tubuh lebih lancar, berbagai keluhan-keluhan penyakit pun dapat membaik secara alami.

2. Meredakan Rasa (Toleransi) Nyeri

Manfaat selanjutnya dari terapi pengobatan bekam adalah dapat meredakan rasa (toleransi) nyeri. Manfaat ini bisa diperoleh berkat kemampuan terapi pengobatan bekam dalam melancarkan aliran darah sehingga dapat mengurangi gejala nyeri ditubuh.

3. Menjaga Sifat Biomekanik pada kulit

Manfaat berikutnya dari Terapi bekam juga diketahui dapat menjaga sifat biomekanik dalam kulit. Di mana, sifat tersebut dapat menjaga kesehatan kulit melalui kemampuannya dalam melindungi kulit dari serangan berbagai virus dan bakteri, serta mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

4. Mengobati Peradangan

Manfaat selanjutnya dari terapi bekam adalah mampu mengatasi penyakit yang disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh, seperti arthritis. Terapi bekam diketahui dapat memberikan pengaruh positif terhadap penyakit radang sendi, keluhan nyeri, hingga kekakuan pada sendi.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Asam Urat, Darah Tinggi, Kolesterol dan Gula Darah

Risiko penyakit asam urat diduga bisa menurun apabila seseorang rutin melakukan terapi bekam. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Hanya saja, penerapan pola hidup sehat tetap menjadi hal utama dalam mencegah penyakit asam urat.

6. Mengatasi Berbagai Penyakit

Terapi bekam juga diketahui dapat dijadikan sebagai terapi suportif untuk beberapa penyakit, seperti:
  • Kelainan darah, seperti anemia dan hemofilia.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Migrain.
  • Nyeri otot di kaki, panggul, dan leher.
  • Varises.
  • Penyakit rematik.
  • Masalah kesuburan.
Demikian semoga bermanfaat. 
ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.