Bagaimana Kita Memahami Komunikasi Antar Sel Tubuh dan Bahasa Tubuh Manusia? Berikut Penjelasannya..

Dunia yang kita diami ini semakin kesini terasa semakin kecil dengan adanya berbagai kemajuan dan inovasi terbarukan yang telah dicapai di bidang tekn

Memahami Komunikasi Antar Sel

Dunia yang kita diami ini semakin kesini terasa semakin kecil dengan adanya berbagai kemajuan dan inovasi terbarukan yang telah dicapai di bidang teknologi informasi. Berkomunikasi dengan orang lain ditempat yang jauh bukan lagi hal yang sulit. Ragam komunikasi yang kita lakukan pada saat ini tidaklah hanya komunikasi suara dan data, tetapi berbicara seperti layaknya kita saling berhadap-hadapan antara satu dengan yang lain. Komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dan sering kita lakukan setiap harinya karena dengan adanya komunikasi akan menghindarkan terjadinya kesalah-pahaman. Tidak hanya manusia atau binatang yang berkomunikasi antara satu dan lainnya, tahukah Anda, bahwa sel-sel yang ada dalam tubuh kita pun saling berkomunikasi antar satu sama lain. 

Jadi, janganlah kita heran bahwasanya sel-sel yang ada dalam tubuh kita dilengkapi dengan berbagai macam sensor super canggih untuk mengetahui sel-sel mana yang sangat diperlukan tubuh dan mana yang tidak perlu. Mana sel yang dikehendaki pertumbuhannya oleh tubuh dan mana yang tidak. Mana sel yang baik (normal) dan mana sel yang abnormal seperti sel kanker. 

Ragam komunikasi yang terjalin dengan baik dan sangat rapi antara sel yang satu dengan sel yang lainnya menghasilkan mekanisme tubuh yang sangat unik dan menakjubkan. Coba kita bayangkan, bagaimana mungkin tubuh kita ini akan terpelihara dengan baik, jika kita selaku pemilik dari tubuh dan tubuh itu sendiri tidak ada jalinan komunikasi yang baik? 

Kita bisa menganalogikan komunikasi antara kita dan tubuh dengan komunikasi dalam sebuah perusahaan. Bukankah menjadi sesuatu hal yang mustahil jika ada suatu perusahaan yang di dalamnya ada orang-orang yang tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Tentu saja perusahaan tersebut tidak akan maju dan berkembang. 

Kita pun dapat mengumpamakan interaksi antara kita dan tubuh sebagai sebuah negara. Bagaimana mungkin satu bangsa atau negara bisa menjadi kuat dan besar jika di antara para pemimpin dan wakil-wakil rakyatnya tidak terjalin komunikasi yang baik? Komunikasi merupakan sesuatu hal yang vital untuk hidup kita. 

Tubuh kita dapat dianalogikan seperti dunia yang sangat luas dan banyak penduduknya. Jika kita bandingkan, antara tubuh kita dan penduduk dunia saat ini, penduduk tubuh kita jauh lebih banyak. Penduduk dunia saat ini telah mencapai lebih dari 6 milyar jiwa. Bandingkan dengan penduduk tubuh kita (sel), dalam tubuh seorang bayi yang masih dalam rahim seorang ibu menjelang kelahirannya, sudah memiliki jumlah sel sebanyak dua triliyun sel. Pada orang dewasa, jumlah selnya bisa mencapai seratus triliyun sel dan masing-masing sel bekerja secara sinergis sesuai dengan fungsinya masing-masing. 

Begitu teraturnya sistem kerja sel dalam tubuh sehingga masing-masing sel dapat mengenal antara satu sel dan sel lainnya. Mereka bekerja saling bahu membahu agar sistem tubuh dapat berfungsi maksimal sesuai peruntukkannya. Jika ada bagian tubuh yang rusak atau terganggu (tidak mampu melakukan tugas rutinnya), anggota tubuh yang lain dengan sigap dan cepat membantunya agar tubuh bisa tetap bekerja dan berfungsi normal. 

Tidak ada istilah terlambat berapa pun usia tubuh kita. Mulai sekarang dan saat ini juga, mari kita mulai untuk mempelajari bahasa tubuh kita sendiri. Semakin kita tahu bahasa tubuh kita, akan semakin baik pula komunikasi yang terjalin antara kita dan tubuh kita. Jadi, kapan pun tubuh kita 'berbicara' kepada kita melalui bahasanya, kita pasti akan meresponsnya dengan sebaik dan sesegera mungkin. 

Dengan memahami bahasa tubuh, maka kita akan semakin tahu apa keinginan tubuh kita. Bahasa tubuh merupakan bahasa yang sangat alami dan sederhana. Oleh karena itu, pada dasarnya setiap orang bisa dengan mudah memahami bahasa tubuhnya. 

Kesimpulan

Sel-sel yang ada dalam tubuh manusia merupakan sensor super canggih yang digunakan untuk memahami kinerja antar sel-sel dalam tubuh yang jumlahnya sangat banyak dan kompleks. 

Sensor yang super canggih ini bisa membedakan mana sel yang normal dan abnormal, mana yang baik maupun yang kurang baik dan lain sebagainya. Sel-sel tersebut bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing yang satu sama lainnya saling melengkapi, jika ada sel yang tidak berfungsi maka akan segera digantikan oleh sel lainnya. 

Tubuh kita bagaikan perusahaan raksasa yang saling berkomunikasi dengan baik antar sesama pegawainya atau bagaikan sebuah negara yang besar yang mana antar pemimpin dan wakilnya saling melengkapi dan terjalin komunikasi yang sangat baik. 

Mulai sekarang, mari kita saling memahami bahasa tubuh kita, karena bahasa tubuh adalah bahasa yang paling alami, agar kita bisa merespons kehendak atau apa yang tubuh inginkan dari kita. Semakin kita memahami bahasa tubuh kita, akan semakin baik jalinan komunikasi kita dengan tubuh kita. Demikian semoga bermanfaat... 

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.