Kajian Al-Qur'an Surat At-Taubah ayat 128-129 Dari Segi Ilmu Hikmah

Surat At-Taubah atau disebut pula dengan surat baroah adalah satu-satunya surat yang tidak terdapat kata Bismillah di awal suratnya. Hal ini dikarenak

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang kajian suatu ayat yang terkenal dengan ayat Payung Rasul (surat At-Taubah ayat 128-129). Mari disimak sampai tuntas!

Surat At-Taubah atau disebut pula dengan surat baroah adalah satu-satunya surat yang tidak terdapat kata Bismillah di awal suratnya. Hal ini dikarenakan surat ini diturunkan ketika terjadi perang, dan perang termasuk dalam kategori tidak aman, sedangkan bismillah adalah kalimat kesejahteran dan keamanan. 

Hal ini senada dengan perkataan Al-Imam Ali Karromallohu wajhahu ketika ditanya tentang awal surat At-Taubah yang tidak memakai bismillah beliau menjelaskan : "Bismillah adalah kalimat aman, sedangkan surat At-Taubah diturunkan disebabkan karena perang, jadi tidak aman. Oleh karena itu antara aman dan perang tidak dapat disatukan satu sama lainnya. Demikian pula karena dalam kalimat bismillah itu terkandung sifat rahmat, kasih sayang, welas asih, sedangkan dalam surat At-Taubah terdapat kemarahan. 

Bacaan Surat At-Taubah Ayat 128-129

لَـقَدْ جَآءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۗ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

"Laqod jaa akum rosulun min anfusikum 'aziizun 'alaihi maa 'anittum harishun 'alaikum bilmu'miniina rouufun romiimum". "Fain tawallau faqul hasbiyallohu laa ilaaha illaa hua 'alaihi tawakkaltu wahua robbul 'arsyil adzimi".

Kajian dan Khasiat Surat At-Taubah Ayat 128-129

Dua ayat ini terkenal dikalangan ummat muslim baik yang awam maupun para spiritualis dengan asma payung rasul atau ayat hisnun (ayat penjagaan). Dinamakan ayat penjagaan, karena pengamalnya akan dijaga oleh tujuh harimau yang menjaga dua ayat suci tersebut. 

Nabi Muhammad SAW bersabda berkenaan dengan dua ayat ini : "Barang siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat at-Taubah maka dia tidak akan meninggal pada hari tersebut". Dan diriwayat lain Nabi bersabda : "Dia tidak akan dibunuh, atau dipukul dengan besi, dan jika ia membacanya pada malam hari, maka ia tidak akan meninggal pada malam itu".

Diriwayatkan dari Abu Darda Ra, Rasulullah SAW bersabda : "Barang siapa yang mengucapkan dzikir itu (dua ayat terakhir surat At-Taubah) pada pagi dan sore hari, maka Allah SWT akan memberikan kecukupan dari perkara dunia dan akhiratnya". (HR. Ibnu Sunni, Abu Daud). 

Sayyidil Walid Al-Habib Abdurrahman bin Abdul Qodir Assegaf berpesan tentang faedah dua ayat ini : "Amalkan dua ayat itu dalam aktivitas sehari-hari kita, karena Allah telah memberi didalam dua ayat tersebut 141 khasiat dan faedah. Amalkan minimalnya 7 kali setiap ba'da shubuh dan ba'da ashar. 

Berbagai Keutamaan Mengamalkan Surat At-Taubah Ayat 128-129

Setiap surat dan ayat Al-Qur'an yang dibaca mengandung berbagai khasiat dan keutamaan begitulah para spiritualis dan ahli hikmah menuturkan, begitupun dengan dua ayat dari surat At-Taubah yaitu ayat 128-129 mengandung berbagai khasiat dan keutamaan. Apa saja keutamaannya? Penulis telah merangkumkan berbagai khasiatnya sebagai berikut :

  1. Apabila yang membacanya orang lemah, maka akan menjadi kuat. 
  2. Apabila ia orang miskin, maka akan menjadi kaya. 
  3. Apabila ia orang sakit, maka akan sehat kembali. 
  4. Apabila ia dalam kondisi terhina, maka lambat laun akan diberikan kemuliaan. 
  5. Jika dalam kondisi terdesak, maka akan segera mendapat pertolongan. 
  6. Apabila ia dalam kondisi kesulitan, maka Allah akan segera memberikan kemudahan dalam segala hal. 
  7. Apabila ia sedang menanggung hutang banyak, maka Allah akan segera melunasi hutang-hutangnya dan membebaskan segala tanggungannya berkahnya mengamalkan dua ayat ini. 
  8. Apabila ia dalam kondisi ekonominya sedang morat-marit tidak karuan, maka Allah akan segera menggantinya dengan berbagai rezeki dan kebaikan. 
  9. Apabila dibaca satu kali setelah shalat shubuh, Maka Allah akan selalu menjaga hatinya. 
  10. Apabila dibaca satu kali setelah shalat dhuhur, maka Allah akan menetapkan hatinya dan meneguhkannya dalam keimanan baik didunia maupun diakhirat. 
  11. Apabila dibaca satu kali setelah shalat ashar, maka Allah tidak akan membuatnya mati seperti matinya orang kaget (meninggal secara wajar). 
  12. Apabila dibaca satu kali setelah shalat maghrib, maka Allah akan memberinya keistiqomahan dalam beribadah (menghamba) kepadaNya. 
  13. Apabila dibaca setelah shalat isya, maka Allah akan menjaga dirinya dari kekejaman para penguasa lalim. 
  14. Apabila dibaca satu kali setelah menunaikan shalat sunnah, maka Allah akan memberinya rezeki dan bisa merasakan manisnya iman. 
  15. Apabila dibaca sebanyak 77 kali setelah menunaikan shalat jum'at, maka Allah akan menjaganya dari memakan makanan dan minuman yang haram. 
  16. Apabila dibaca pada sebanyak 360 kali pada hari Arafah, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhannya, menghilangkan kesusahannya baik didunia maupun diakhirat. 
  17. Apabila dibaca dua ayat ini sebanyak seribu kali (1000x) pada hari Assyuro, maka akan dilayani oleh para malaikatnya Allah yang ditugaskan kepadanya, dan Allah akan memberinya berbagai rezeki dari segala arah. 
  18. Apabila dibaca dua ayat ini sebanyak lima ratus kali (500x) dimalam nisfu sya'ban, maka tidak akan ditanya oleh malaikat Munkar dan Nakir nanti di dalam kubur sebab berkahnya dua ayat ini. 
  19. Barang siapa yang membacanya sebanyak satu kali di pagi dan sore hari, maka Allah akan menjaganya dari segala marabahya, dan tidak akan ada yang dapat mencelakai dirinya selagi ayat itu terus dibacanya. 
  20. Barang siapa yang membacanya setiap akan tidur sebanyak satu kali, maka ia akan diselamatkan oleh Allah dari macam marabahaya sampai tiba waktu pagi. 
  21. Barang siapa yang membaca dua ayat ini kepada orang sakit sebanyak seratus kali (100x), maka ia akan sembuh atas izin Allah SWT, dengan syarat dan niat yang benar dan sungguh-sungguh ketika mengobatinya. 
  22. Barang siapa yang membacanya pada pagi dan malam hari walau pun hanya satu kali, maka ia tidak akan meninggal pada hari atau malam itu. 
  23. Barang siapa yang membacanya untuk harta bendanya, maka Allah akan menjaga harta benda tersebut. Begitu pula jika dibaca untuk rumahnya, kebunnya, desanya, kotanya atau bentengnya, maka Allah akan menjaga semuanya. 
  24. Barang siapa yang membacanya ketika terjadi peperangan, maka Allah akan memberinya kemenangan dan keselamatan serta musuh-musuhnya akan lari tunggang langgang. 
  25. Barang siapa yang membacanya ketika berkholwat sebanyak tujuh puluh ribu kali (70.000x), maka akan mendapatkan khodam dari bangsa malaikat dan bangsa jin selama hidupnya, ia akan diterima oleh hati semua makhluknya Allah, akan ditundukkan kepadanya, akan disembuhkan penyakitnya dan akan diberi kemudahan dalam segala urusannya. 
  26. Barang siapa yang memperbanyak membaca ayat ini dalam segala aktivitasnya, baik ketika berjalan, ketika duduk, sambil rebahan, maka akan bertambah-tambah segala kebaikannya, akan dicintai oleh baginda Nabi SAW, dan dapat melihatnya setiap saat. 
  27. Barang siapa yang membacanya selama empat puluh tahun, maka hilanglah hijab (penghalang) antara ia dan baginda Nabi SAW, dan ia akan memperoleh derajat sebagai mana yang diperoleh para Shiddiqin. 

Dua ayat ini merupakan amalan yang multi fungsi, bisa digunakan untuk apa saja seperti : pengobatan, kesaktian, pengasihan baik umum maupun khusus, kerezekian, ingin naik pangkat atau jabatan, ingin jadi ASN, dan lain sebagainya. 

Demikian uraian singkat mengenai kajian dan faedah surat At-Taubah ayat 128-129 dari segi ilmu hikmah. Semoga bermanfaat. 

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.