Lima Tips Cara Efektif Menggunakan Instagram untuk Bisnis di Tahun 2024

Instagram adalah platform media sosial yang memungkinkan berbagi foto dan video untuk keperluan pribadi dan bisnis. Selama dekade terakhir, ini telah

Instagram adalah platform media sosial yang memungkinkan berbagi foto dan video untuk keperluan pribadi dan bisnis. Selama dekade terakhir, ini telah berkembang menjadi salah satu alat pemasaran media sosial yang ampuh. 

Bahkan perusahaan seperti Coco cola, Nike, dan Starbucks telah menginvasi banyak ruang. Tapi, bagaimana dengan usaha kecil dan start-up? Bagaimana cara menggunakan Instagram secara efektif untuk bisnis? Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang ini, teruslah membaca sampai akhir. Agar bisnis mendapatkan daya tarik di Instagram, yang diperlukan hanyalah sedikit usaha, namun hal ini bermanfaat. Sebuah bisnis perlu membangun keterlibatan dan mengumpulkan pengikut setia mereka yang, pada gilirannya, dapat menghasilkan prospek yang produktif. Berikut adalah tujuh tips teratas yang dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan mudah menggunakan Instagram secara efektif.

1. Memulai

Profil bisnis Instagram Anda adalah ruang kecil yang dapat mencapai banyak hal. Ini adalah tempat orang mencari merek Anda, situs web Anda, dan detail kontak Anda. Hal-hal yang perlu diingat saat membuat bio Insta Anda.

  • Dalam 150 karakter atau kurang, Anda harus bisa menampilkan merek Anda, siapa Anda, apa yang Anda berikan.
  • Sebelum memutuskan konten untuk profil Anda, Anda perlu mengetahui siapa target audiens Anda, kebutuhan atau persyaratan mereka.
  • Konten yang tajam dan langsung pada intinya akan selalu tetap menarik.
  • URL situs web Anda dapat ada di bio Anda agar orang-orang mengetahui lebih banyak tentang Anda.
  • Anda juga dapat memiliki tombol ajakan bertindak agar orang-orang dapat membuat janji temu dengan Anda.

Hal yang bijaksana untuk dilakukan, untuk meningkatkan pengikut Anda adalah dengan menghubungkan semua akun media sosial Anda ke akun Instagram Anda. Ini berfungsi terutama jika Anda memiliki orang-orang setia yang mengikuti Anda di platform media sosial lain seperti Facebook dan Twitter.

2. Bertujuan untuk Menyediakan Konten Berkualitas Tinggi

Instagram adalah konten visual murni dan Anda perlu memastikan bahwa Anda menyediakan visual yang menarik dan mudah dikenali. Untuk diingat oleh audiens target Anda, Anda perlu memberikan feed yang menarik dan informatif secara konsisten sehingga merek Anda layak untuk diikuti.

Saat memposting gambar, disarankan agar Anda memiliki estetika visual tertentu untuk merek Anda seperti tema warna, kombinasi warna, sehingga orang akan langsung mengenali merek Anda.

Luangkan waktu untuk mengklik gambar menawan dan juga mengeditnya sebelum diposting. Alat pengeditan juga memungkinkan Anda mempertahankan estetika merek Anda, menambahkan bingkai dan logo.

Jangan lewatkan pentingnya teks saat mereka menceritakan kisah visualnya. Tulis teks yang menarik

 Cobalah berbagai format berbagi Instagram seperti carousel yang merupakan rangkaian foto dalam satu postingan. Eksperimen menemukan bahwa hal itu menciptakan lebih banyak keterlibatan

Melakukan streaming langsung dengan pemirsa Anda juga membantu mendapatkan daya tarik.

3. Cara Menggunakan Hashtag di Instagram

Sama seperti kata kunci, hashtag Instagram membuat konten visual Anda dapat ditemukan. Orang-orang mencari hashtag untuk melihat konten terkait. Jika Anda hanya memberikan caption dan bukan hashtag maka postingan Anda akan kehilangan kesempatan untuk muncul ketika orang mencari konten relevan merek Anda. Memberikan hashtag adalah cara yang bagus untuk dikenal oleh orang-orang yang belum mengikuti Anda.

Disarankan agar Anda membuat hashtag asli dan spesifik merek untuk bisnis Anda. Hal ini memungkinkan audiens Anda mengenali postingan Anda dan membagikannya secara berurutan jika mereka merasa itu akan membantu seseorang. Pengetahuan tentang cara menggunakan hashtag di Instagram dapat menentukan keberhasilan atau kegagalan strategi pemasaran Anda di platform ini. Anda harus menggunakan hashtag yang tepat. Banyak bisnis tidak melihat peningkatan pengikut mereka hanya karena mereka menggunakan beberapa hashtag acak untuk foto mereka. Akan ada nilai nyata ketika gambar Anda relevan dengan hashtag yang sedang tren dan populer.

A. Perangkat lunak pencarian hastag

Mungkinkah gambar atau postingan kita relevan dengan hashtag yang populer saat itu? Tidak selalu! Itulah sebabnya ada beberapa Perangkat Lunak pencarian hashtag seperti Websta yang membantu Anda dengan daftar besar hashtag yang mungkin tidak sedang tren tetapi banyak digunakan dan mudah ditemukan. Mereka akan menyarankan beberapa nama hashtag yang panjang dan umum yang sesuai dengan postingan non-tema Anda.

B. Laporan kinerja hastag

Dalam sebuah studi kasus, lebih dari 1.20.000 postingan Instagram, mereka menemukan bahwa postingan dengan hashtag maksimum yang diperbolehkan mendapatkan interaksi tiga kali lebih banyak daripada postingan lainnya. Jadi bukan berarti, Anda harus memperbanyak hashtag hanya untuk kepentingan itu saja. Anda dapat memantau laporan hashtag Anda dengan menggunakan Sprout untuk mengidentifikasi hashtag mana yang memperoleh lebih banyak keterlibatan dan kinerja terbaik.

C. Cari tahu apa yang digunakan pesaing Anda

Catatan untuk hashtag umum yang digunakan di industri Anda oleh pesaing Anda. Ini adalah cara terbaik untuk memahami tren yang relevan dengan bisnis Anda.

4. Mempelajari Demografi

Untuk menguraikannya menjadi kata-kata yang lebih sederhana, Anda harus menganalisis jenis postingan mana yang menarik audiens Anda dan hashtag mana yang berfungsi dengan baik. Dengan alat pelaporan Instagram, kami akan mendapatkan akses ke informasi ini dalam sekejap dan dapat melacaknya seiring waktu. Ini mungkin berupa jenis konten tertentu, atau filter, atau hashtag populer. Mengetahui jenis konten mana yang paling disukai audiens Anda dapat mendorong Anda untuk membuat konten serupa dan pada gilirannya meningkatkan daya tarik.

Ini juga memberikan informasi mengenai waktu puncak audiens Anda mengunjungi Instagram beserta jenis kelamin, informasi usia juga.

5. Pemasaran Influencer

Pemasaran influencer adalah salah satu cara menarik untuk membangun pengikut Instagram dengan cepat, terutama jika Anda memulai dari awal. Melalui ini, kita dapat terhubung dengan orang-orang berpengaruh yang telah memiliki banyak pengikut dan juga mengenal audiens mereka. Anda dapat memulai dengan menghubungi influencer terkemuka di industri Anda dan dengan bekerja sama dengan mereka, Anda dapat mempromosikan bisnis Anda ke tingkat berikutnya.

Dengan memperhatikan cara menggunakan hashtag di Instagram dan mempraktikkan teknik di atas, Anda akan bisa melihat bisnis Anda berkembang melalui Instagram! Kenapa menunggu? Banyak peluang menanti Anda di Instagram.

ELZEERA is an online media portal that provides various INFORMATION and NEWS from various themes or topics of discussion that are updated and trusted.